Pondok Ramadhan Ajak Siswa Upgrade Keimanan

Menyambut Ramadhan yang penuh berkah dan berlimpah dengan kebaikan, SMA Laboratorium UM menggelar kegiatan Pondok Ramadhan pada 3 – 4 Mei untuk kelas XI dan 5-6 Mei kelas X.  Kegiatan ini masih berlangsung di masa pandemik Covid-19, sehingga dilaksanakan secara daring. Namun demikian keterbatasan ini tidak menyurutkan tekat sekolah melakukan inovasi pembelajaran agar iman siswa tetap ter-upgrade.

Pondok Ramadhan kali ini mengangkat tema Menggapai Ramadhan Berkah di Era New Normal.  “Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan serta mengenalkan beribu keberkahan yang bisa didapatkan pada bulan ramadhan di tengah pandemi Covid-19”, ungkap Kepala SMA Laboratorium UM Rosdiana Amini, M.Pd,

Tema-tema penguatan karakter dan keimanan siswa dilengkapi dengan materi tahsin surat Al Fatihah dan surat-surat pendek. “Hal ini sangat membanggakan kami, begitu semangatnya siswa mengikuti kegiatan Pondok Ramadhan walaupun secara daring. Selain itu, siswa kita begitu indah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an sesuai materi Tahsin yang di sampaikan oleh pemateri.” ujar Waka Kesiswaan, M. Khabib Shaleh, M.Pd.

Sementara itu, Ust. Faris Fauzi, Lc., memberikan tausiah tentang pentingnya menggapai Lailatul Qadar bagi pemuda islami atau disebut juga atta’dhim.  “Malam yang diagungkan, yaitu malam yang lebih baik dari 1000 bulan atau sama dengan 83 tahun,” tambahnya. Apalagi umur manusia kurang lebih 60 sampai dengan 70 tahun, sebagai seorang pemuda Islam harus mampu memperoleh keajaiban Lailatur Qodar demi masa depan di akhirat kelak.

Selain pemberian materi keagamaan, kegiatan Pondok Ramadhan disempurnakan dengan pembagian zakat dan 328 parcel bagi dhuafa. Parcel yang berisi paket sembako ini merupakan sumbangan dari Civitas Akademika SMA Laboratorium UM.

Upaya melibatkan siswa dalam menghimpun hingga menyerahkan zakat dan parcel pada dhuafa mengajak siswa lebih peka dan selalu peduli kepada sesama yang memiliki nasib kurang beruntung. “Semoga di Ramadhan kali ini kita semua benar-benar mendapat keberkahan dengan memberi dan berbagi,” harap Khabib.  (dedi/sri)