Rekreatif dan Menyenangkan, Kenali SMA Lab

Sejumlah 312 siswa baru SMA Laboratorium UM pagi itu (15/7) siap sambut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Mereka diajak mengenali tata tertib dan budaya. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini begitu antusias disambut siswa baru. “MPLS tahun ini dikemas dalam kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan,” ujar Wakasek Kesiswaan  M. Khabib Shaleh, M.Pd.

Beragam kegiatan  dikemas oleh OSIS dan MPK. “Tidak ada lagi perploncoan. Tidak ada lagi bawaan yang aneh-aneh,” tambahnya. Siswa baru disambut dengan ramah dan jauh dari kata menengangkan. Pelepasan balon warna-warni oleh kepala sekolah Rosdiana Amini, M.Pd sebagai simbolis dimulainya kegiatan ini penuh dengan warna.

Bertajuk kenali potensimu, kembangkan prestasimu, jadikan karaktermu menjadi insan Indonesia Berpancasila, MPLS tahun ini juga ingin mengenal  potensi siswa baru terkait bakat, minat dan prestasi. Penampilan dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan penampilan siswa baru saat innougurasi membuat MPLS benar-benar menarik dan berbeda dari tahun sebelumnya.

Perbedaan itu terlihat saat para tokoh pewayangan dipilih dalam pertunjukan. Misalnya saja atraksi yang disajikan oleh kelompok Gatotkaca. Mereka menyajikan Tari Rampak lengkap dengan alat barongnya. Pertunjukan diawali dengan menyanyi bersama grup, kemudian penonton dikejutkan dengan kemunculan tiba-tiba penari Rampak di tengah kerumuman. Apresiasi yang luar biasa muncul dari para penonton yang terdiri dari seluruh warga SMA Laboratorium UM.

Gelaran MPLS juga ditutup dengan kegiatan rekreatif di Hawai Waterpark sebagai bukti bahwa sekolah ini benar-benar memahami kebutuhan hiburan bagi siswa baru. “Kami ingin memberikan pengalaman MPLS yang berbeda dari sekolah lain,” lanjut Khabib.

Dalam kegiatan outbond, siswa diajak bermain game kekompakan dan mengunjungi Museum Ganesha yang merupakan wahana baru di Hawai Waterpark. “Saya merasa bangga bisa bergabung di SMA Lab, ” ujar Gitta salah seorang peserta.  Sungguh tidak ada wajah-wajah menakutkan dalam MPLS. Benar-benar nyaman dan enjoy ikut kegiatan ini. “Kakak-kakak pendampingnya juga baik dan ramah, tidak ada bentak-bentak,” tuturnya. (nur/vic/dew)