SMA Laboratorium UM Nobatkan Putra Putri Berkarakter 2021

RADAR MALANG – SMA Laboratorium UM sukses menggelar grand final Pemilihan Putra Putri Berkarakter tahun 2021 di Hotel Rayz Rabu malam (17/11). Di tahun ke 3, ajang ini mengusung tema Nilai-Nilai Kearifan Lokal Membentuk Generasi Berkarakter. Artinya, agar seluruh siswa di SMA Laboratorium UM bisa menjadi ujung tombak dan generasi perubahan.,Kepala SMA Laboratorium UM Rosdiana Amini MPd mengatakan SMA Lab UM akan senantiasa mewujudkan pemuda yang unggul dan berkualitas dalam segala aspek. Nilai-­nilai kearifan lokal yang ada di sekitar pun juga harus menjadi bahan literasi untuk semakin memperkaya khazanah ilmu dan kepribadiannya. ”Sekolah memiliki harapan, kepada peserta yang terpilih dalam ajang ini, semuanya saja, tidak hanya pemenang pada nantinya, agar menjunjung tinggi nilai­nilai luhur bangsa, adat istiadat, tata krama, semangat, dan terus termotivasi menjadi yang terbaik dalam segala hal,” jelasnya.

Putra putri berkarakter pun terpilih, SMA Lab UM telah mendapatkan jawaranya dalam ajang itu. Yakni Muhammad Cantra Adji (XI IPA 3) juara 1 Putra dan Laila Ramadhani Burrahim (XI IBB) juara 1 Putri. Di malam final, jawaban menakjubkan dilontarkan oleh keduanya, ketika dewan juri memberikan pertanyaan tentang peran guru yang tergantikan oleh digital. Dengan jawaban yang memukau kedua jawara itu mengalahkan Satriya Wibowo (X IPA 4) dan Syabila Cantika Jaya (XI IPS 3) yang menjadi juara 2 Putra Putri Berkararkter. Dan disusul oleh Irvan Shofiyanto (XI IPA 1) juara 3 Putra dan Ni Kadek Shavira Laxmi Devi (XI IPA 4) juara 3 Putri.

Sebagai sang jawara Putra Putri Berkarakter, tentu para peserta telah melalui proses penilaian yang sangat ketat. Penilaian di sekolah dan pertimbangan para juri juga jadi poin penilaiannya. Sehingga mereka mendapatkan hasil yang membanggakan. Sekolah juga telah memberikan hadiah berupa uang tunai. Tentu hadiah yang diberikan di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. ”Untuk tahun ini, ada yang berbeda bagi juara Putra dan Putri Berkarakter. Kalau dua tahun yang lalu penyelenggaraannya luar biasa ditambah hadiah yang istimewa, yakni juara 1 jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia, kali ini hadiah diganti dengan uang tunai. Sebelum pandemi acara kami adakan secara meriah di tempat yang mewah dengan hadiah yang istimewa. Mendatangkan artis di tahun 2018 di Matos dan 2019 di Graha Cakrawala. Tahun ini dengan segala keterbatasan dikarenakan pandemi, kami tidak bisa mengundang seluruh warga SMA Lab UM,” jelasnya

Walaupun begitu esensi yang dirasa tetaplah sama di ajang Putra dan Putri Berkarakter SMA Lab UM tahun ini dengan sebelumnya. Yakni memberikan kesempatan siswa-siswi untuk menjadi generasi unggul di masa mendatang yang bisa berdampingan dengan masyarakat dan menjadi contoh teladan yang baik bagi lingkungan sekitar. (rof/dik)