Student Day Virtual Pamerkan Karya Seni dan Kerajinan

Kreativitas siswa SMA Laboratorium UM terutama dalam seni dan kerajinan tidak terhalang oleh ruang dan waktu. Hal itu dibuktikan dengan suksesnya serangkaian lomba dalam gelaran Student Day 2021 pada tanggal 14 sampai 17 Juni 2021. “Student Day merupakan program unggulan kesiswaan yang tujuannya adalah memamerkan karya pada pelajaran Seni Budaya dan Prakarya dan Kewirausahaan (PDK),” ungkap Kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd.

Tahun-tahun sebelumnya, tambah Rosdiana, selain tampilan seni ada kompetisi olah raga dan lomba film pendek.  Karena pandemi, keduanya terpaksa ditiadakan. Sehingga praktis dalam pembelajaran Seni dan PDK, hasil karya siswa dikerjakan dan diarsipkan di rumah masing-masing. “Anak-anak memamerkan karya mereka dalam bentuk virtual berupa slide 3 dimensi,” lanjut Rosdiana.

Mata lomba lain yaitu TikTok. Menurut Rosdiana, kadang orang berfikiran positif atau negatif dengan TikTok. Tapi ketika diambil positifnya, TikTok bisa menjadi media promosi sekolah atau pembelajaran yang bisa mendukung aktivitas positif siswa. Terbukti mereka sangat kreatif membuat konten TikTok. “TikTok menjadi media untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap almamater dengan mengunggah program unggulan sekolah,” tambahnya.

Berikutnya, ada lomba poster layanan masyarakat. Tiap peserta membuat poster menggunakan media digital. Dengan mengambil tema vaksin dengan tujuan memberikan pembelajaran kepada siswa apa dan bagaimana vaksin digunakan. “Juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang poster yang dibuatnya,” ujar Rosdiana.

Waka kesiswaan Moch. Khabib Shaleh, M.Pd. menambahkan, rangkaian Student Day ditutup dengan pensi virtual. Tiap peserta mengekspresikan bakatnya berupa pertunjukkan tari, nyanyi, dan musikalisasi puisi. Semua dikemas dalam bentuk video yang selanjutnya OSIS akan menyiarkan secara streaming melalui YouTube sekolah. Sebelumnya, video diambil secara berkelompok namun tetap wajib memperhatikan protokol kesehatan. Tentunya, pengambilan gambar dan video selalu mengikuti protokol kesehatan yang selalu dipantau wali kelas.  “Siswa harus tetap aman dan sehat” ujar Khabib. (nur/fix/fie)