Studi Kampus, Berburu Impian Pendidikan Tinggi

Siswa-siswi SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang kelas XII berburu perguruan tinggi ke Universitas Diponegoro dan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang (20-22/9). Kegiatan bertajuk studi kampus ini menjadi langkah awal yang penting bagi siswa untuk menjelajahi dunia pendidikan tinggi, memahami prospek karir, dan mengambil keputusan yang tepat dalam merencanakan masa depan akademik mereka.

Kepala sekolah Rosdiana Amini, M.Pd menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan lebih mendalam mengenai berbagai program studi serta atmosfer akademik di perguruan tinggi. “Kunjungan ini juga diharapkan dapat membantu para siswa dalam mempertimbangkan pilihan karir dan jalur pendidikan tinggi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka,” ujarnya.

Pada kunjungan ke Universitas Diponegoro, para peserta terbagi dua kelompok. Siswa jurusan MIPA berkunjung ke Fakultas Kesehatan Masyarakat sedangkan siswa jurusan IPS dan IBB berada di Fakultas Hukum. Acara dimulai dengan pengenalan singkat mengenai sejarah dan visi-misi universitas, presentasi program studi, dan diskusi. Para siswa terlibat dalam diskusi yang produktif dan mendalam mengenai pendidikan tinggi di bidang kesehatan masyarakat dan hukum.

Rosdiana menyampaikan pentingnya kegiatan studi kampus sebagai bagian dari persiapan siswa dalam memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan tujuan masa depan. Lebih lanjut Rosdiana memberikan apresiasi kepada Universitas Diponegoro atas keramahan dan penjelasan yang komprehensif kepada para peserta.

Hari berikutnya, para peserta melanjutkan kunjungan studi kampus ke Polimarin. Kegiatan ini meliputi tur fasilitas kampus, informasi perkembangan program studi, peluang kerja, serta diskusi mendalam dengan mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini diharapkan memberikan wawasan lebih lanjut kepada siswa mengenai pendidikan tinggi di bidang maritim. Wakil Direktur Polimarin Gunawan Budi Santoso, S.Kom memaparkan bahwa Polimarin Semarang merupakan merupakan perguruan tinggi negeri vokasi di bidang kemaritiman yang visinya  menjadi Politeknik Maritim Negeri bertaraf internasional serta menghasilkan sumber daya manusia berkarakter, berkompetensi dan berdaya saing global.

Menariknya, para siswa dibagi berkelompok dan diajak berkunjung di beberapa laboratorium. Diantaranya kolam renang sebagai tempat latihan renang mahasiswa, laboratorium TUK sebagai tempat belajar aplikasi menginform data untuk pesan mesin, laboratorium bridge sebagai tempat simulasi sebagai nahkoda kapal, laboratorium engginer untuk mengendalikan mesin, laboratorium beacukai untuk praktik teknik keluar masuk barang, dan laboratorium radar untuk pengendali radar jika ada nitif bahaya. (vic)