Telaah Soal Atasi Kendala Teknis Ujian Daring

Setelah pembelajaran melalui daring dan uji coba tatap muka, siswa SMA Laboratorium UM mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT) daring mulai 24 Mei hingga Juni 2021. Panitia PAT berusaha mengantisipasi segala kendala yang mungkin muncul agar semangat siswa saat mengerjakan PAT tidak patah. “Antusiasme siswa terlihat dari minimnya angka ketidakhadiran selama ujian,” ujar Kepala SMA Laboratorium UM Rosdiana Amini, M.Pd.

Dikatakannya, antisipasi tersebut termasuk telaah tampilan soal PAT yang dilakukan panitia bersama pembuat soal. Telaah ini untuk meminimalisasi kesalahan saat siswa mengerjakan soal. Hasil telaah dituliskan dalam lembar khusus sebagai bukti fisik. “Telaah tampilan soal juga bertujuan untuk menjadi bahan evaluasi bagi pembuat soal agar tidak memiliki kesalahan,” ungkap Ketua Pelaksana PAT Deddy Setiawan, M.Pd.

Menurut Deddy, persiapan PAT yang lebih teliti berdampak pada kelancaran proses pelaksanaan ujian. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya keluhan siswa terhadap soal-soal yang dikerjakan. Sementara itu, untuk pendampingan siswa terkait materi PAT, siswa diberikan review materi selama 2 hari sebelum ujian.

Selanjutnya, dengan berbekal ponsel pintar, laptop atau komputer, siswa login aplikasi untuk mengakses soal ujian sejak pukul 07.00 hingga 10.30. “Aplikasi soal yang digunakan mudah untuk diakses saat mengerjakan PAT daring,” ungkap Deswanti Salma dari kelas X IPS 3.  Sementara Arani (X IPS 2) memberi masukan untuk mempertimbangkan alokasi waktu saat login. “Ketika jaringan internet sedang trouble, saya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan seluruh soal ujian,” ujarnya. (as3/end/sri/vic/fie)