Tes Psikologi Kenali Gaya Belajar Siswa

Tes Psikologi untuk siswa baru SMA Laboratorium UM digelar sehari pada tanggal 15 Juli 2021 berlangsung mulai pukul 08.00 sd 12.00 WIB. Tes secara online ini dilakukan kali kedua sejak mewabahnya covid-19.  “Total yang mengikuti Tes Psikologi sebanyak 294 siswa yang berasal dari program peminatan MIPA, IPS, dan Bahasa,” ungkap Kepala Sekolah Rosdiana Amini, M.Pd.

Lebih lanjut Rosdiana menjelaskan tes ini dilakukan setiap tahun beriringan dengan PPDB, bahkan sebelum covid-19. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Tes Psikologi meliputi penilaian kompetensi keterampilan hidup, sikap, kemauan-kemauan, karakter, bakat, dan passion yang berorientasi karir. Harapannya setelah mengetahui hasil dari tes, sekolah bisa mengawal siswa agar mendapat penanganan cara belajar yang lebih menarik sehingga setiap kesulitan belajar dapat terselesaikan sesuai dengan kondisi.

Rosdiana juga menjelaskan hasil tes ini sangat bermanfaat dalam proses belajar dan mengajar sehingga potensi yang dimiliki oleh siswa berkembang lebih optimal. “Diantaranya mengetahui gaya belajar, kepribadian, minat dan bakat, pilihan karir, dominasi otak, softskill dan pendidikan karakter,” tambahnya.

Waka Kurikulum Deddy Setiawan, M.Pd menyampaikan bahwa pelaksanaan Tes Psikologi juga membantu guru dalam memahami karakteristik siswa. Dikarenakan di dalam kegiatan ini juga memuat tentang gaya belajar siswa. “Dalam hal ini, guru Bimbingan dan Konseling memanfaatkannya untuk mengarahkan siswa memahami diri dan studi lanjut mereka,”ujarnya.

Sementara itu, Adiena, salah satu peserta tes, merasakan cemas saat mengerjakan tes. Dengan waktu yang terbatas soal harus segera terjawab sehingga rasanya lumayan menantang. “Tes secara online saja sudah deg-degan, apalagi offline,” kenangnya. (tin/vic)