Wujudkan Siswa Berprestasi dan Berkarakter Melalui PAS

Penilaian Akhir Semester (PAS) 2017 mengambil tema dengan PAS dapat mewujudkan siswa SMA Laboratorium UM berprestasi dan berkarakter  “Prestasi Penting, Jujur lebih Penting”.  Untuk mewujudkan tema tersebut telah dilakukan beberapa hal yang mendukung terciptanya “prestasi” dan “karakter”. Prestasi lebih mengarah kepada capaian komptensi pengetahuan peserta didik sedangkan karakter lebih kepada menanamkan sikap disiplin dan jujur.

Semua soal yang diujikan dalam PAS sudah melalui telaah oleh teman satu rumpun bidang studi. Adapun indikator telaah meliputi kesesuaian soal dengan kompetensi dasar (KD) yang diajarkan,  kesalahan pengetikan, pedoman penilaian sesuai dengan soal yang diberikan, penggunaan bahasa sesuai dengan kaidah tata bahasa yang baik dan benar. Hal ini dapat meminimalisir ralat dan kesalahan soal sehingga soal lebih valid dan berkualitas. Harapannya,  dapat meningkatkan prestasi secara akademik .

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam PAS diwujudkan dengan adanya tata tertib yang dibuat sedemikian rupa sehingga peserta PAS diberikan sanksi jika terjadi. Pada saat PAS peserta yang ditemukan melakukan pelanggaran kejujuran langsung diberikan nilai nol. Peserta  PAS yang terlambat datang diberikan denda. Sedangkan yang terlambat tiga kali langsung diberikan surat pernyataan dan orangtua dipanggil ke sekolah. Setelah membuat surat pernyataan yang ditandatangani peserta PAS, orang tua dan mengetahui kepala sekolah ternyata cukup ampuh untuk membuat peserta tersebut disiplin dengan datang lebih awal.

Setiap terjadi pelanggaran pada peserta PAS petugas tatib setiap hari melaporkan kepada walikelas. Selanjutnya walikelas melaporkan kepada wali peserta didik Peserta yang bersangkutan. Dengan ini diharapkan terjadi pembinaan bersama baik oleh pihak sekolah maupun oleh orang tua siswa.